Muskuloskeletal

skel

  • Nyeri Akut & kronis

Rasa nyeri memang sering mengganggu aktifitas kita baik saat bekerja dan berolahraga. Nyeri merupakan rasa tidak nyaman baik pada area lokal tubuh maupun menjalar. Selain itu juga nyeri dijadikan sebagai tanda kerusakan pada organ tubuh kita.

Nyeri akut adalah rasa nyeri yang dirasakan saat cedera dan membutuhkan waktu 24 jam untuk dapat pulih seperti semula dengan tidak menggerakkan atau mengistirahatkan area yang mengalami nyeri. Jika nyeri tersebut tidak berkurang dalam waktu 36 jam maka tubuh anda membutuhkan rangsangan eksternal tubuh untuk dapat mengurangi nyeri ini.

Sedangkan nyeri kronis adalah rasa nyeri yang telah lama Anda alami dalam kurun waktu lebih dari 1 bulan tidak mengalami pengurangan yang signifikan. Rasa nyeri tipe ini membutuhkan pemeriksaan dan penanganan khusus untuk dapat mengetahui penyebab dan pemulihan yang tepat.

Penanganan yang tepat pada permasalahan kedua nyeri tersebut adalah dengan mengetahui penyebanya terlebih dahulu. Dalam program ARA Physiotherapy, Anda akan mendapatkan penjelasan permasalahan nyeri yang Anda alami dan akan segera menyusun penanganan yang tepat untuk mencapai pemulihan nyeri yang signifikan.

  • Paska Bedah Ortopedi

Operasi atau pembedahan dengan ahli ortopedi memang menjadi salah satu upaya yang sering diberikan kepada kita yang mengalami permasalahan tulang, sendi dan otot. Pembedahan ortopedi di Indonesia paling banyak adalah perbaikan pada patah tulang dan sendi. Contoh bedah ortopedi adalah Total Hip Replacement, Total Knee Replacement, Meniscus Repair, Rekontruksi Ligamen, Spine Correction, dll.

Target dari pembedahan ortopedi adalah mengembalikan fungsi tubuh seseorang agar dapat aktifitas kembali. Namun mengembalikan fungsi tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama, dikarenakan adanya komplikasi paska pembedahan seperti bengkak, berkurangnya kontraksi otot, pengecilan otot (atrofi) dan menurunnya fleksibilitas yang dapat membatasi aktifitas fungsi tubuh hingga mengakibatkan penurunan kualitas kesehatan tubuh.

Penanganan paska bedah ortopedi tidak lepas dari kerjasama dengan program fisioterapi yang bertujuan untuk mengembalikan dan meningkatkan fungsi tubuh Anda. Uniknya penanganan ini membutuhkan perencanaan yang baik agar tercapai tujuan akhir yang diharapkan. ARA Physiotherapy memiliki protokol yang tepat dan diperbaharui setiap tahunnya demi membantu Anda dalam meningkatkan fungsi tubuh dan kualitas kesehatan Anda paska bedah ortopedi.

  • Tulang Belakang

Permasalahan tulang belakang merupakan kasus yang paling sering dialami. Permasalahan ini dapat berupa nyeri leher, nyeri punggung hingga ke leher dan kepala, serta nyeri pinggang. Penyebabnya bervariasi, seperti skoliosis pada tulang belakang, kerja otot tulang belakang yang tidak seimbang (imbalance muscle syndrome), dan cedera tulang belakang yang kurang perawatan intensif.

Pada kasus ini tidak hanya ditandai dengan rasa nyeri pada area lokal, melainkan juga terdapat rasa nyeri atau kesemutan menjalar jauh dari area lokal, rasa pusing yang membutuhkan istirahat lama, dan kelumpuhan anggota gerak atas dan bawah.

Penanganan kasus ini membutuhkan pendekatan yang sangat spesifik seperti melihat dari aspek postur, bentuk kaki, dan kelemahan otot. ARA Physiotherapy memiliki program yang komprehensif khusus menangani kasus tulang belakang dengan pendekatan manual terapi dan terapi latihan.